Tips Memilih Nama Domain Website yang Tepat

Tips Memilih Nama Domain Website yang Tepat

Anda sedang mencari Domain, Berikut Tips Memilih Nama Domain. Domain adalah alamat dari sebuah website untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol IP. Cara kerjanya mengganti atau mengalihkan menjadi url domain. Smart Digital menyebut Domain adalah King Maker dalam memulai dan membangun sebuah website. Mengapa Sedemikian Penting?

Banyak para web design menyebut bahasa istilah semua berawal dari nama domain. Sebagai gambaran domain yang bagus membuat citra dan harapan besar agar website itu tumbuh dikemudian hari. Domain adalah pintu pembuka sebuah website, artinya ini menjadi yang pertama kali diingat pengunjung.

Bahkan ada banyak domain cantik yang diparkir atau dibeli sementara lalu dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Jadi semakin cantik nama domain semakin potensial website itu bertumbuh. Namun kemampuan lain yang tidak kalah penting adalah membangun branding yang kuat.

Sebelum membangun website Smart digital akan memberi penjelasan dan tips memilih nama Domain.

Tips memilih Nama Domain:

1. Pilih Domain sesuai dengan Brand

Memilih Domain biasanya disesuaikan dengan nama brand anda saat ini. Misalnya: SmartDigital hal ini adalah hal terbaik dikarenakan nilai brandingnya menjadi sangat optimal. Sehingga pengunjung dengan sangat mudah mengenal brand anda hanya dengan membaca nama domain. Namun untuk mengoptimalkan website dengan nama yang belum familiar dibutuhkan kerja keras untuk membangun Smart Branding.

Nama Domain brand sendiri disarankan untuk memilih nama maksimal 10 kata. Kita dapat melihat beberapa website besar didunia seperti :

  • Facebook (8 huruf)
  • Twitter (7 huruf)
  • Google (6 Huruf)
  • Instagram (9 Huruf)
  • Wikipedia (9 Huruf)

Sedangkan untuk Lokal

  • Tokopedia (9 Huruf)
  • Bukalapak (9 Huruf)
  • Detik (5 Huruf)
  • Kompas (6 Huruf)
  • Kaskus (6 Huruf)

2. Pilih Domain Keyword sesuai Target (Keyword on DOmain)

Selain nama Domain yang sesuai dengan brand, ada juga domain yang on target. Dimana didalamnya terkandung kata kunci atau keyword sebagai upaya mempercepat akselerasi SEO. Hal ini juga sangat bagus, namun hal yang terpenting adalah memperkenalkan brand anda secara Optimal didalam Website. Pemilihan domain ini biasanya digunakan sebagai salah satu pendukung SEO.

Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

1. Sebaiknya Jangan Melebihi 2 Kata, Misalnya: BukuMurah.com hindari untuk membuat lebih dari 3 kata, Misalnya BukuMurahPalembang.com, Mengapa Demikian?

Pembahasannya terletak targetnya adalah Kita menjual Buku diPalembang (BukuPalembang.com) memberikan arti lebih luas dibanding BukuMurahPalembang. Karena pada kata Murah Sebenarnnya menjadi batasan antara kata Buku Palembang. Index Google lebih menempatkan kata yang relevan dengan kata utama. Sehingga Kata Murah nantinya dapat kita optimasi didalam artikel atau On Page.

3. Domain Lebih Lama (Berumur)

Jika kita melihat ada domain yang sudah digunakan puluhan tahun, namun sekarang sudah tidak digunakan. Terlebih lagi nama tersebut cocok dengan bisnis anda, maka sebaiknya menggunakan domain tersebut. Namun sebelum itu pastikan bahwa DOmain itu tidak ada masalah pada GOogle. Karena ada beberapa Domain yang di Black List Google dengan berbagai alasan.

Jika memang tidak ada kendala, sangat kami rekomendasikan untuk menggunakannya. Karena Google juga menilai Positif Domain yang lebih berumur dibanding domain yang baru lahir (order).

4. Alternatif Ekstension Domain Indonesia

Terkadang sangat menjengkelkan ketika memilih nama domain tapi sudah digunakan. Tapi itulah yang sering terjadi bahkan dengan pilihan yang beragam juga sudah digunakan. Tapi jangan bingung, sebenarnya masih banyak alternatif yang bisa anda gunakan. Kita tentu cenderung untuk menggunakan domain .com dibanding beberapa pilihan lainnnya seperti .net, .info dan sebagainya. Apa yang harus kita lakukan?

Jika target anda indonesia, maka ada banyak domain lokal .id yang bisa kita gunakan seperti co.id atau .id.

Jangan Khawatir tentang pencarian di google, pada dasarnya ekstension domain tidak mempengaruhi SEO. Jadi ekstension domain apapun tetap sama.

5. Gunakan 2 Domain Sekaligus

Bagaimana bisa menggunakan 2 Domain untuk satu Website. Hal ini berkaitan dengan Point 1 dan 2. Ada yang berharap menggunakan nama brand sehingga dikenal, ada juga yang berharap menggunakan keyword on domain. Lalu bagaimana?

ANda dapat memberik kedua domain, domain dengan nama brand dan domain Keyword On Domain. Sedangkan nama untuk brand domain anda dapat gunakan sebagai redirect domain ke domain utama. atau juga sebaliknya.

Demikian Tips Memilih Nama Domain yang tepat. Salam kami Smart Digital.