7 tips Membeli dan Memilih Nama Domain Website yang tepat

  • by
7 Tips Membeli Dan Memilih Nama Domain Website Yang Tepat

Membeli dan Memilih Nama Domain memang sangat sulit, hal ini dikarenakan banyaknya domain yang sudah digunakan. Namun tenang Saja, Berikut ini beberapa tips membeli dan memilih nama domain.

Domain adalah sebuah alamat website yang merupakan cermin utama, namun mencari domain bukanlah hal yang mudah, mengingat hampir semua domain dengan bahasa baku Indonesia sudah digunakan atau dimiliki orang lain. Ada banyak juga perusahaan domain parking yang dimana membeli domain untuk kembali dilelang dengan harga yang tentu sudah berkali-kali lipat.

Dalam mencari domain, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, sehingga domain tetap menarik dan keren. Bahkan ada kalimat Website keren dimulai dari domain yang tepat. Berikut ini penjelasan secara detail tentang memilih domain yang bisa Anda dapatkan

Domain yang berumur (sudah pernah digunakan orang lain) atau domain expired, umumnya lebih baik untuk kita beli. Pertanyaan mengapa demikian?, Algoritma Mesin pencari Google juga mengutamakan umur domain terhitung sejak domain itu aktif hingga saat ini kita gunakan. Biasanya juga sudah terdapat backlink yang nantinya sangat berpengaruh dengan rangking Website Anda.

7 Tips Membeli dan Memilih Nama Domain Website yang Tepat:

1. Tips Membeli dengan Mengubah Ekstensi Domain

Masalah utama dalam memilih domain adalah kecocokan brand dengan domain yang kia butuhkan, apalagi domainnya sudah dimiliki orang lain. Namun ada beberapa tips yang kita bisa lakukan, seperti mengubah ekstensi domain .com menjadi co.id / id / net atau top level domain lainnya. Jika kita masih belum menemukan sebaiknya gunakan bahasa tambahan di awal atau akhir domain.

2. Tips Membeli Domain dengan Bantuan kata awal dan akhir

Sebagai Contoh brand kita bernama lingkar, lalu kita berencana membeli domain lingkar.com namun sudah dimiliki orang lain, ganti menjadi lingkar.co.id atau lingkar.id jika domain dengan ekstensi ini juga sudah digunakan, tambahkan dengan kata an diakhirnya menjadi lingkaran.com dan seterusnya. Hal ini dapat kita gunakan mengingat kata ejaan kita sangat banyak.

3. Tips menentukan jumlah huruf pada Domain

Jumlah kata pada domain tentu sangatlah penting sebaiknya gunakan tidak lebih dari 10 huruf atau 2 kata, semakin singkat nama domain, maka semakin mudah orang mengingatnya. Dalam Analisa Smart Digital, nama domain pada website besar seperti facebook.com, google.com, youtube.com, twitter.com (global) jika kita perhatikan semua domain ini tidak lebih dari 8 karakter (huruf). Begitu juga dengan website top di Indonesia seperti detik.com, kaskus.com, viva.co.id, okezone.com, kompas.com, tempo.co, tirto.id, bukalapak.com, tokopedia.com (semua tidak lebih dari 10 huruf)

4. Mencari Domain dengan gabungan 2 kata/kalimat

Memilih Domain dengan dua kata maksudnya kita menggabungkan kedua kata menjadi kalimat baca, contohnya seperti bacabuku.com, cahayapagi.com, sepatubagus.com dan sebagainya. Namun sangat tidak disarankan untuk menggunakan lebih dari 2 kata, mengapa demikian? Domain menjadi tidak menarik, sulit untuk diingat.

5. Memilih Domain untuk Local SEO dan Pemasaran

Nama Domain juga akan sangat mempengaruhi hasil pencarian Google. Mesti kita ingat bahwa kata utama yang dicari Google adalah Judul atau konten, yang kemudian di analisa dari domain yang relevan (cocok). Jika kita menargetkan pasar lokal daerah Anda dapat menggunakan nama daerah untuk penamaan domain, contohnya wisatabali.com (artinya kita membuat kata kunci wisata bali pada domain) hal ini juga berdampak pada rangking Website kita pada mesin search engine Google.

6. Beli Domain dengan durasi waktu yang panjang

Membeli domain sangatlah dianjurkan untuk langsung dalam durasi waktu yang panjang, hal ini menjadi pelajaran berharga ketika domain kita expired (kadaluwarsa). Domain sejatinya alamat utama Website, sehingga ketika domain sudah memiliki rating yang baik, sangat disayangkan jika kita lupa atau kehilangan domain karena expired.

7. Aktifkan Privacy Domain

Ketika Membeli domain sebaiknya pilih juga privacy data, hal ini untuk melindungi data kontak Anda secara umum tentang kepemilikan domain. Ada banyak kasus hacker, cracker dan sebagainya memanfaatkan informasi yang tampil ketika dilakukan pengecekan pada whois domain. Hal ini sangat lah dianjurkan untuk mengamankan akun dan domain Anda.

Semoga 7 Tips Membeli Dan Memilih Nama Domain Website Yang Tepat ini bermanfaat untuk Anda, Selamat Membangun Website yang Terbaik.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *