Mengatasi Malware Website, Scan dan Hapus Segera!, Berikut Caranya

Malware Website - Jasa Pembuatan Website Palembang
Mengatasi Malware Website

Mengatasi Malware Website menjadi hal yang harus dan selalu diperhatikan, karena akan sangat mengganggu performa website. Malware adalah script yang disisipkan didalam direktori file hosting. Caranya beragam mulai dari template, plugins, hingga berbagai ekstensi website lainnya. Banyak yang tidak menyadari websitenya terjangkit Malware.

Malware sendiri sebenarnnya dapat dilihat jika hosting kita memiliki antivirus. Anda dapat melakukan scanning pada file website anda, lalu perhatikan nama file yang terinfeksi malware. Langkah berikutnya hapus bagian script yang dianggap tidak sesuai.

Apa saja Indikasi adanya malware website:

  • Tampil iklan yang sebelumnya tidak kita pasang (seperti iklan pop up)
  • Status SSL Domain berubah menjadi tidak aman (namun adanya juga yang tidak berubah)
  • Page Load atau kecepatan website terasa sangat lambat
  • Maintenance dan Website Error

Backdoor

Jenis malware ini sering terjadi pada website, cara kerjanya adalah menanamkan script shell-backdoor. Backdoor disusupi oleh hacker melalui salah satu cara-cara diatas. Biasanya jenis malware ini disisipkan pada file php yang dibagian wp-include dan functions.

Spam

Spam salah satu malware yang banyak terjadi untuk platform wordpress, dimana banyak sekali komentar yang masuk berbahasa inggris. Biasanya Spamming ini adalah upaya untuk mendapatkan backlink dari siapa saja yang mengintal template wordpress.

Botnet Attack

Kali ini sedikit berbeda dengan beberapa malware lainnya, untuk jenis botnet Attack. Malware ini melakukan penyerangan seperti sistem DDos, yang kemudian menyebar kedalam website lainnya.
Biasanya inject Malwarenya seperti Spam dan Scam.

Phishing

Jenis ini biasanya adalah jenis Clone website, dimana membuat sebuah sistem yang seakan dari sumber aslinya. Jika anda melakukan login pada sebuah website, sebaiknya perhatikan alamat urlnya untuk menghindari Phising.

Penyebab Adanya Malware Website:

Hal yang paling sering terjadi adalah mendownload file yang tidak memiliki sumber yang memiliki authority yang tepat. Inilah mengapa tidak adanya deteksi file sudah diinject sciprt malware. Sebaiknya cari tempat download resmi yang dapat dipercaya, sehingga jauh lebih aman.

Jenis Malware biasanya berasal dari file template premium yang diunduh secara gratis. Ada juga yang berasal dari add ons atau plugins wordpress.

Cara Mengatasi Malware Website:

Scan File

Sebaiknya lakukan Scanning menggunakan Antivirus yang tersedia di hosting. Seitap penyedia layanan hosting biasanya memiliki jenis anti virus yang berbeda. Perhatikan File yang terdeteksi mengangung Malware, hapus scriptnya yang dianggap tidak sesuai.

Scanning Malware immunyAV

Ganti Theme/Template

Jika memungkinkan, sebaiknya lakukan perubahan template dari sumber yang jelas dan dipercaya.

Hapus Plug Ins

Jika anda menggunakan Plugins yang bersumber dari luar wordpress sebaiknya periksa kembali kemungkinan adanya malware.

Malware Plugins WordPress

Jika Anda membutuhkan Bantuan Check dan mengatasi Malware Website, Smart Digital akan siap membantu Anda.

  1. Apa itu Malware yang ada di Website?

    Malware adalah kode (script) jahat yang dimasukan didalam website kita. Script ini biasanya masuk ketika kita melakukan upload file template dan plugins, ada juga add on lainnya.

  2. Bagaimana Cara Menghapus Malware Website?

    Menghaspus Malware website yaitu dengan cara menakukan scaning pada direktori website. Perhatikan file yang terditeksi sebagai spam, anda bisa menghapus atau menggantinya.

  3. Bagaimana Cara menghindari Malware?

    Menghindari malware yang paling mudah adalah tidak mendownload file yang tidak memiliki sumber yang jelas. Biasanya tipe template yang premium atau dibajak kemudian disebar luaskan di beberapa penyedia website gratis.

Artikel Lain yang membahas Malware: